3.4 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Angka


3.4 Menerapkan pengeoperasian aplikasi pengolah angka

Pengertian
    Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, dan lain-lain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.
Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya. Microsoft Excel tampil dengan format Workbook yang tersusun atas beberapa sheet. Setiap sheet terdiri atas cell-cell sebagai ruang data.

Kelebihan: 
·         Mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet. Jadi dalam 1 sheet bisa menampung jawaban 1 juta responden dan 16 ribu jawaban/pertanyaan.
·         Microsoft excel mempunyai Format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke software statistik lainnya.
·         Microsoft Excel mempunyai program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih.
·         dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.

Kekurangan:
·         Software pengolah angka ini berbayar atau tidak gratis.
·         Aplikasi ini memerlukan banyak memory (RAM) dan proccessor yang besar (CPU).
·         Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan, atau membuat filter responden; kita harus membuat rumus excel baik rumus matematika, logika maupun text. Banyak orang yang tidak suka dengan hal ini karena di SPSS misalnya, kita dengan mudah untuk melakukan filter atau pengkategorian jawaban baru.

1. Mengoperasika Microsoft Excel
1. Menjalankan/ mengaktifkan Microsoft Excel
Cara I :
• Klick Start
• Pilih Program atau All Program
• Klick Microsoft Excel
Cara II :
Double klick icon Microsoft Excel pada tampilan Desktop
Cara III :
• Dari tampilan Desktop klick kanan mouse pada icon Microsoft Excel
• Klick Open
Cara IV :
• Klick icon Microsoft Excel pada tampilan Desktop
• Tekn enter

2. Menutup/ mengakhiri Microsoft Excel
Cara I :
• Klick Menu File
• Pilih Exit
Cara II :
Klick tombol Close pada bagian kanan atas Microsoft Excel
Apabila setelah klick exit atau close kemudian tampil pilihan Yes, No dan cancel artinya :
• Pilih Yes : Menyimpan dokumen
• Pilih No : Tidak menyimpan dokumen
• Pilih Cancel : Membatalkan unutk menutup Microsoft Word

2. Mengatur Dokumen
1. Menyembunyikan tampilan garis (gridline)
• Klick menu Tools, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Tools
• Pilih Options, kemudian akan tampil kotak dialog Options
• Hilangkan tanda ceklis pada kotak Gridlines dengan cara diklick
• Klick OK

 2. Memformat garis (Border)
• Lakukan pemilihan cell yang akan diformat garis
• Klick menu Format, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Format
• Pilih Cell, kemudian akan tampil kotak dialog Format cell
• Pilih tab Border
• Pilih bentuk garis pada kotak Style
• Pilih warna garis pada kotak color
• Tentukan format garis yang diinginkan
None ; Menghapus garis
Outline ; Garis bingkai
Inside ; Garis tengah vertical dan horizontal
• Klick OK

3. Merubah lebar kolom
• Pilih kolom yang akan dirubah lebarnya dengan cara diklick pada kolom yang akan dirubah lebarnya, atau dengan cara diblok apabila lebih dari satu kolom
• Klick menu Format, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Format
• Pilih Column, klick Width kemudian akan tampil kotak dialog Column width
• Tentukan lebar kolom pada kotak Column width
• Klick OK

4. Merubah tinggi baris
• Pilih baris yang akan dirubah tingginya dengan cara diklick pada baris yang akan dirubah tingginya, atau dengan cara diblok apabila lebih dari satu baris.
• Klick menu Format, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Format.
• Pilih Row, klick Height, kemudian akan tampil kotak dialog Row Height
• Tentukan tinggi baris pada kotak Row Height
• Klick OK

5. Menambah kolom
• Tempatkan pointer (titik sisip) pada posisi penambahan kolom, apabila kolom yang akan ditambahkan hanya satu kolom, atau lakukan pemblokan sejumlah kolom yang akan ditambahkan pada posisi penambahan kolom, apabila kolom yang akan ditambahkan lebih dari satu kolom.
• Klick menu Insert, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Insert.
• Pilih Column.

6. Menambah baris
• Tempatkan pointer (titik sisip) pada posisi penambahan baris, apabila baris yang akan ditambahkan hanya satu baris, atau lakukan pemblokan sejumlah baris yang akan ditambahkan pada posisi penambahan baris, apabila baris yang akan ditambahkan lebih dari satu baris.
• Klick menu Insert, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Insert.
• Pilih Row.

7. Menghapus kolom
• Pilih kolom yang akan dihapus dengan cara diklick, apabila kolom yang akan dihapus hanya satu, atau dengan cara diblok, apabila kolom yang akan dihapus lebih dari satu.
• Klick menu Edit, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Edit
• Pilih Delete, kemudian akan tampil kotak dialog Delete
• Pilih Entire column
• Klick OK

8. Menghapus baris
• Pilih baris yang akan dihapus dengan cara diklick, apabila baris yang akan dihapus hanya satu, atau dengan cara diblok, apabila baris yang akan dihapus lebih dari satu.
• Klick menu Edit, sehingga tampil pilihan-pilihan dari menu Edit
• Pilih Delete, kemudian akan tampil kotak dialog Delete (
• Pilih Entire row
• Klick OK

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3.3 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Kata

3.2 Menerapkan Pengetikan (keyboarding) 10 jari kecepatan 200 EPM dan ketepatan 99%

3.5 Menerapkan Pengoperasian Aplikasi Pengolah Presentasi